28 Feb 2017

Daftar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Banten

Daftar Madrasah Aliyah Negeri atau MA Negeri di Provinsi Banten ini melengkapi seri artikel daftar MA Negeri di masing-masing provinsi se-Indonesia di Blog Ayo Madrasah.

Banten merupakan provinsi hasil pemekaran dari provinsi Jawa Barat pada tahun 2000. Dengan luas 9160 km persegi dan penduduk sekitar 10,4 juta, provinsi yang beribu kota di Kota Serang terdiri atas 8 Kabupaten dan Kota. Kedelapannya meliputi kabupaten Pandeglang, Lebak, Tangerang, Serang, Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, dan Kota Tangerang Selatan.

Daftar MAN di Banten

Di provinsi Banten terdapat 389 Madrasah Aliyah. Sebagian besar diantaranya, atau 370 buah merupakan Madrasah Aliyah Swasta. Sisanya, 19 buah merupakan Madrasah Aliyah Negeri. Ke-19 Madrasah Aliyah Negeri ini tersebar di delapan kabupaten dan Kota se-Provinsi Banten.

Jumlah MAN di Banten ini mendudukkan Provinsi Banten dalam peringkat ke-12 (bersama-sama provinsi  Riau) dalam jumlah MA Negeri di setiap provinsi. Tepat berada di bawah DKI Jakarta dan Sumatera Selatan yang sama-sama memiliki 22 MA Negeri.

Baca Juga:



Perbandingan jumlah MA Negeri di Provinsi Banten dengan provinsi lainnya dapat dilihat di grafik berikut ini.

Perbandingan jumlah MA Negeri

Daftar MA Negeri di Provinsi Banten


Berikut ini adalah daftar lengkap Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di provinsi Banten.

1. MAN 1 Pandeglang
NSM / NPSN131136010001 / 20622338
Alamat FullJl. Raya Labuan Km.2 Kp. Ciekek, Kec. Majasari, Pandeglang, Banten
Website / Emailmanpandeglang.sch.id ; man.pandeglang@gmail.com
2. MAN 2 Pandeglang
NSM / NPSN131136010002 / 20622330
Alamat FullJl. Raya Labuan Km. 9 Cihideung, Kec. Cimanuk, Pandeglang, Banten
Website / Emailman.cihideung@yahoo.com
3. MAN 3 Pandeglang
NSM / NPSN131136010003 / 20622348
Alamat FullJl. Raya Panimbang Km.1 Solodengen, Kec. Panimbang, Pandeglang, Banten
Website / Emailmanpanimbang29@gmail.com
4. MAN 4 Pandeglang
NSM / NPSN131136010004 / 20622327
Alamat FullJl. Raya Sukajadi Barat Blok Situ Sadang, Kec. Cibaliung, Pandeglang, Banten
Website / Emailman_cib@yahoo.com
5. MAN 1 Lebak
NSM / NPSN131136020001 / 20623353
Alamat FullJl. Siliwangi Pasir Ona Rangkasbitung, Kec. Rangkasbitung, Lebak, Banten
Website / Emailman_rangkasbitung@yahoo.co.id
6. MAN 2 Lebak
NSM / NPSN131136020002 / 20623321
Alamat FullJl. Raya Bayah-Cikotok Km. 2,5, Kec. Bayah, Lebak, Banten
Website / Emailman-bayah.sch.id ; man.bayah@gmail.com
7. MAN 1 Tangerang
NSM / NPSN131136030001 / 20622445
Alamat FullJl. Aria Wangsakara , Kec. Tigaraksa, Tangerang, Banten
Website / Emailmantigaraksasch.id ; man_3raksa@yahoo.co.id
8. MAN 2 Tangerang
NSM / NPSN131136030002 / 20622401
Alamat FullJl. Raya Serang Km.24 Balaraja , Kec. Balaraja, Tangerang, Banten
Website / Emailman2tangerang.sch.id ; man.balaraja@yahoo.co.id
9. MAN 4 Tangerang
NSM / NPSN131136030003 / 20622423
Alamat FullJl. Raya Kronjo Km.3 , Kec. Kronjo, Tangerang, Banten
Website / Emailmankronjo.sch.id ; mankronjo@ymail.com
10. MAN 3 Tangerang
NSM / NPSN131136030004 / 20622441
Alamat FullJl. Raya Mauk Km. 16, Kec. Sukadiri, Tangerang, Banten
Website / Emailmanmauk@yahoo.com
11. MAN Kragilan
NSM / NPSN131136040001 / 20623388
Alamat FullSentul Pematang Km. 1,5 Kendayakan-Kragilan, Kec. Kragilan, Serang, Banten
Website / Emailman_kragilan@yahoo.co.id
12. MAN 1 Kota Tangerang
NSM / NPSN131136710001 / 20623295
Alamat FullLamda Raya Cimone Permai, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten
Website / Emailmantangerang8@gmail.com
13. MAN 2 Kota Tangerang
NSM / NPSN131136720001 / 20623253
Alamat FullJl. Panglima Polim No.6, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten
Website / Emailwww.man2kotatangerang.sch.id ; mancipondoh364@gmail.com
14. MAN 1 Kota Cilegon
NSM / NPSN131136720001 / 20623253
Alamat FullJl. Ir. Sutami Km.2,5, Kec. Citangkil, Kota Cilegon, Banten
Website / Emailwww.mancilegon.sch.id ; man1cilegon@gmail.com
15. MAN Pulomerak
NSM / NPSN131136720002 / 20623263
Alamat FullJl. Puskesmas Rawaarum Kp. Bujanggadung, Kec. Grogol, Kota Cilegon, Banten
Website / Emailwww.manpulomerak.sch.id ; man_pulomerak@manpulomerak.sch.id
16. MAN 1 Kota Serang
NSM / NPSN131136730001 / 20623274
Alamat FullJalan Empat Lima Cikulur, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Website / Emailman1kotaserang.sch.id ; man1serang@yahoo.co.id
17. MAN 2 Kota Serang
NSM / NPSN131136730002 / 20623275
Alamat FullJl. KH. Abdul Hadi No.03 Cijawa, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Website / Emailwww.man2serang.sch.id ; man2_serang@yahoo.com
18. MAN 1 Kota Tangerang Selatan
NSM / NPSN131136740001 / 20623317
Alamat FullJl. Raya Serpong, Rt 003/003, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten
Website / Email-
19. MAN Insan Cendekia Serpong
NSM / NPSN131136740002 / 20623314
Alamat FullJln. Cendekia Bsd Sek. XI, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten
Website / Emailwww.ic.sch.id ; humas@ic.sch.id

Error Emis : Data Type Mismatch in Criteria Expression

Error Emis : Data Type Mismatch in Criteria Expression ini masih merupakan seri artikel terkait dengan berbagai kendala dan problem saat melakukan updating data emis. Ternyata tidak sedikit teman-teman operator RA dan Madrasah yang menjumpai berbagai kendala saat berkutat dengan emis. Termasuk munculnya pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression saat hendak melakukan backup data emis dengan menggunakan Aplikasi Desktop Emis.

Persoalan munculnya notifikasi Data Type Mismatch in Criteria Expression sebenarnya sudah terjadi semenjak updating data emis di semester sebelum. Meski termasuk salah satu 'penyakit' lawas, ternyata kejadian ini tetap membingungkan beberapa teman operator emis di tingkat RA dan Madrasah.

Pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression muncul dalam tahap akhir proses backup di Aplikasi Desktop Emis. Ketika tombol backup diklik, pesan ini muncul yang menggagalkan proses backup.

Pesannya adalah sebagaimana gambar berikut ini.

Data Type Mismatch in Criteria Expression

Baca juga berbagai kasus dan solusi emis lainnya:



Kenapa muncul pesan ini?

Aplikasi Desktop Emis dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman visual basic yang basis datanya menggunakan Microsoft Office Access.  Error ini biasanya dikarenakan saat input data terdapat data yang tidak sesuai dengan data yang ada di dalam database.

Cara Menangani Muncul Pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression


Bagaimana cara menangani kasus munculnya pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression?

Untuk memperbaikinya sebenarnya gampang, meskipun dalam beberapa kasus membutuhkan kejelian tersendiri.

Karena pesan ini muncul sebagai akibat dari salahnya operator madrasah saat memasukkan data yang tidak sesuai dalam database aplikasi emis, maka diperlukan cecking data-data yang telah dimasukkan dalam aplikasi ini.

Caranya:


  1. Buka menu "Sarpras" dan "Keuangan" pada Aplikasi Desktop Emis
  2. Klik submenu-submenu yang ada seperti Keberadaan Tanah, Jumlah dan Kondisi Bangunan, Sarpras Pendukung, Pendukung Lainnya, dan Rincian Ruang Kelas.
  3. Pastikan semua data (isian) telah terisi dengan benar dan sesuai dnegan kriteria, Seperti isian tentang jumlah telah diisi dengan angka jumlah, isian tentang tahun diisi dengan tahun, dll.
  4. Pastikan isian tentang jumlah suatu sarpras yang tidak dimiliki telah diisi dengan angka nol (0).
  5. Jika perlu Cek juga tab-tab lainnya.
  6. Jangan lupa mengklik tombol "Simpan" untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.

Data Type Mismatch in Criteria Expression

Jika sudah, silakan kembali ke menu "Backup" untuk melakukan backup data emis. Dan lihatlah, proses bcakup pun dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan dari kemunculan pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression.

Bagi rekan-rekan operator emis di tingkat RA dan Madrasah yang tersandung kasus mendapat pesan Data Type Mismatch in Criteria Expression, silakan tips emis ini dicoba. Semoga membantu.


27 Feb 2017

Solusi Error Emis : Exception from HRESULT: 0x800A03EC

Cara mengatasi error emis "Exception from HRESULT: 0x800A03EC" saat melakukan upload form excel di aplikasi desktop emis. Saat melakukan updating emis, kerap kali ditemui berbagai kendala dan problem yang mengakibatkan proses backup terganggu dan gagal. Salah satu kendala yang kerap dijumpai adalah munculnya peringatan atau pesan "Exception from HRESULT: 0x800A03EC".

Pesan Exception from HRESULT: 0x800A03EC ini muncul saat proses upload detail PTK (personal), detail siswa, maupun detail lulusan. Saat form excel yang berisikan data siswa, PTK, maupun lulusan diupload, proses upload tidak mau berjalan dan justru muncul peringatan tersebut.

Meskipun kendala ini sudah terjadi semenjak periode updating emis semester-semester sebelumnya, namun tak urung tetap mengakibatkan sebagian operator RA/Madrasah merasa pusing.

Kenapa muncul peringatan atau pesan Exception from HRESULT: 0x800A03EC dan bagaimana cara mengatasi error saat backup emis ini?

Pesan Exception from HRESULT: 0x800A03EC muncul terkait dengan file excel yang digunakan saat mengupload di Aplikasi Desktop Emis. Peringatan tersebut seperti pada gambar berikut ini.

Pesan Exception from HRESULT: 0x800A03EC

Bisa jadi salah satu file excel masih terbuka (belum ditutup dengan sempurna), file excel tidak tersimpan dengan benar, atau ada kerusakan di file excel emis tersebut.

Baca Juga:


Cara Mengatasi Munculnya Pesan Exception from HRESULT: 0x800A03EC


Untuk mengatasi pesan error emis Exception from HRESULT: 0x800A03EC lakukan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Pastikan Semua File Excel Telah Ditutup

Saat akan mengupload form excel emis untuk detail personal (PTK), detail siswa, dan lulusan, pastikan tidak ada file excel yang masih terbuka. Tutup semua file excel tersebut. 

Jika perlu cek pada task manager apakah terdapat file excel yang masih berjalan (terbuka). Cara membuka task manager adalah:
  1. Klik bersamaan tombol CTRL + Shift + ESC
  2. Setelah muncul Windows Task Manager, klik tab Application dan Processes
  3. Pada kedua tab tersebut, amati apakah ada program microsoft office excel yang masih berjalan
  4. Jika ada, klik nama aplikasi (excel atau microsoft excel) lalu klik "End Task" atau "End Process"
Setelah memastikan tidak ada program microsoft office excel yang berjalan, silakan lakukan upload lagi pada Aplikasi Desktop Emis.

Jika masih muncul peringatan Exception from HRESULT: 0x800A03EC, silakan lakukan langkah kedua.

2. Buka dan Save Ulang Form Excel Emis

Buka form excel yang gagal diunggah tersebut. Biasanya akan muncul peringatan seperti berikut ini.


Klik aja Yes. Setelah file form excel emis terbuka, save file tersebut kemudian ditutup.

Setelah memastikan file excel tertutup, lakukan proses upload form excel emis. Jika peringatan Exception from HRESULT: 0x800A03EC masih muncul lakukan cara ketiga.

3. Gunakan Form Excel Emis yang Masih Fresh

Jika masih saja bermasalah dengan notifikasi Exception from HRESULT: 0x800A03EC, silakan ganti form excel emis dengan yang lebih baru dan masih fresh. Isikan data-data dengan benar dari awal lagi. Jika menggunakan copy-paste, pastikan saat mengopy menggunakan paste value.

Setelah itu silakan lakukan proses upload form excel emis tersebut.

Itulah beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala upload emis yang memunculkan peringatan Exception from HRESULT: 0x800A03EC. Semoga langkah-langkah solusi Error Emis : Exception from HRESULT: 0x800A03EC ini bermanfaat bagi operator RA dan Madrasah dalam melakukan updating data emis.

26 Feb 2017

Error Emis : Kesalahan Usia Sekolah Siswa Kurang 4 Tahun atau Lebih 16 Tahun

Satu lagi yang baru di Emis Semester Genap Tahun 2016/2017 adalah munculnya peringatan error "Usia Siswa Kurang 4 Tahun atau Lebih 16 Tahun". Peringatan yang selengkapnya berbunyi "Kesalahan : Usia Sekolah. Terdapat Siswa yang tidak seusia sekolah (<4 Tahun atau >16 tahun), silakan cek data detail siswa" tersebut muncul ketika proses backup dengan menggunakan aplikasi desktop emis bagi Madrasah Ibtidaiyah.

Error backup emis terkait siswa yang tidak seusia sekolah ini pun bisa ditemui di RA dan jenjang madrasah lainnya (MTs dan MA). Tentu dengan bunyi pemberitahuan yang berbeda.

Dan tentunya, bagaimana solusi dan pemecahan terhadap permasalahan error emis ini.

Error Emis Kesalahan Usia sekolah Siswa

Sebagaimana yang kita ketahui terdapat regulasi yang mengatur usia minimum dan maksimun seorang siswa (batasan umur). Salah satunya adalah Keputusan Bersama  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Agama nomor 2/VII/PB/2014 dan Nomor 7 Tahun 2014 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak / Raudhatul Athfal / Bustanul Athfal dan Sekolah / Madrasah. Baca dan download keputusannya di Halaman Peraturan Menteri Agama.

Contoh pesan (notifikasi) terkait dengan kesalaham (error) Usia Sekolah pada saat melakukan backup dengan menggunakan Aplikasi Desktop Emis adalah sebagai berikut:

Error Emis Kesalahan Usia sekolah Siswa

Pada error emis tersebut muncul peringatan:

Kesalahan : Usia Sekolah. Terdapat Siswa yang tidak seusia sekolah (<4 Tahun atau >16 tahun), silakan cek data detail siswa

Baca Juga:


Cara Mengatasi Kesalahan Usia Sekolah Siswa


Lalu bagaimana sokusi dan cara mengatasi kode error emis "Kesalahan : Usia Sekolah. Terdapat Siswa yang tidak seusia sekolah" tersebut?

Kode tersebut muncul karena dalam isian Form Emis Excel terdapat siswa yang berusia kurang atau lebih dari yang disyaratkan. Sehingga aplikasi desktop emis akan otomatis menolak ketika proses backup dilakukan.

Untuk mensiasatinya:

  1. Buka Form Emis Excel
  2. Cari siswa yang usianya kurang atau lebih dari syarat yang ditentukan
  3. Lakukan editing (rubah) tanggal lahir (tahun) siswa tersebut sehingga usia siswa akan memenuhi syarat. Jika pada MI berarti berusia antara 4 s.d 16 tahun.
  4. Jika sudah, silakan save Form Emis Excel
  5. Upload ulang form tersebut pada Aplikassi Desktop Emis bagian Detail Siswa
  6. Lakukan Backup

Setelah berhasil melakukan backup, bukan berarti pekerjaan telah usai. Karena data usia siswa dalam emis tersebut salah (karena harus kita sesuaikan) maka kita harus melakukan langkah-langkah perbaikan. Sayangnya perbaikan ini tidak dapat dilakukan oleh Operator Emis Madrasah.
  1. Madrasah membuat surat pengajuan perubahan data siswa atas nama siswa tersebut dengan dilampiri bukti berupa foto copy Akta Kelahiran atau Ijazah jenjang sebelumnya.
  2. Surat ditujukan kepada admin Emis Kabupaten/Kota
  3. Oleh Admin Kabupaten/Kota, ajuan perubahan data tersebut akan diteruskan ke Admin Emis di tingkat selanjutnya, yakni Kanwil dan Pusat.
Konon yang bisa melakukan perubahan data ini secara manual hanyalah Admin Emis tingkat Pusat.


Langkah-langkah perbaikan tersebut di atas hanyalah gambaran secara garis besar. Tahapan dan persyaratan yang lebih pasti silakan ditanyakan kepada Operator Emis Kabupaten/Kota masing-masing.

Demikian tips dan cara mengatasi error emis Kesalahan Usia Sekolah Siswa. Semoga tips ini bermanfaat untuk meringankan beban operator emis tingkat madrasah yang kebetulan mengalami kendala error Kesalahan Usia Sekolah Siswa Kurang 4 Tahun atau Lebih 16 Tahun.

Solusi Error Emis: Microsoft.ACE.OLEDB.12.0

Saat menjalankan aplikasi desktop emis, berbagai permasalahan (error) kadang menyertai. Salah satunya adalah aplikasi desktop emis tidak mau berjalan dan keluar notifikasi (pesan) Microsoft.ACE.OLEDB.12.0. Apakah yang terjadi dan bagaimana solusi mengatasi problem ini?

Jika komputer (PC atau laptop) yang digunakan operator emis untuk membuka aplikasi desktop emis telah sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan (baca : Spesifikasi Komputer untuk Aplikasi Desktop Emis), mungkin proses backup emis akan berjalan dengan lancar. Namun sebaliknya, jika system Requirement (sistem yang diperlukan) tidak sesuai dengan kebutuhan, maka aplikasi desktop emis tidak dapat dijalankan dengan baik.

Salah satunya adalah perbedaan antara windows (Sistem Operasi) dengan versi office yang terpasang di komputer. Komputer menggunakan Sistem Operasi 64 bit tetapi office yang pasang adalah Office 32 bit.

Akibatnya, saat Aplikasi Desktop Emis dibuka akan muncul peringatan (pesan) terkait dengan Microsoft.ACE.OLEDB.12.0. Biasanya pesannya adalah sebagai berikut:

The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine

atau peringatan seperti gambar berikut ini.

Error Emis Microsoft.ACE.OLEDB.12.0

Mengatasi Error Emis 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0'

Bagaimana solusi untuk memperbaiki error emis "The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine" sehingga aplikasi desktop emis dapat terbuka dengan lancar?

Untuk mengatasinya pertama kita menambahkan (install) database engine 64 bit. Ayo Madrasah telah menyediakannya untuk rekan-rekan operator madrasah.


  1. Download Acces Database Engine 64 bit DI SINI (ukuran 27 MB)
  2. Ekstak hasil download tersebut dan tempatkan dalam satu folder (terdiri atas dua file yaitu run_AccessDatabaseEngine_x64.bat dan AccessDatabaseEngine_x64.exe)
  3. Login sebagai administrator (Run as administrator)
  4. Klik dua kali (double klik) file "run_AccessDatabaseEngine_x64.bat"
  5. Muncul jendela "Command Prompt"
  6. Ikuti perintah yang muncul dalam jendela "Command Prompt" tersebut


Nah, sekarang Database Engine x64 bit telah terpasang di komputer.

Baca Juga:



Silakan coba jalankan aplikasi desktop emis dan sekarang 'insa Allah' aplikasi dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Itulah cara mengatasi dan memperbaiki pesan error 'The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine' pada Aplikasi Desktop Emis. Semoga tips dan trik sederhana ini bermanfaat bagi rekan-rekan operator emis di seluruh Indonesia.

23 Feb 2017

Contoh Surat Permohonan Perpanjangan Akreditasi

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) mengeluarkan surat terkait perpanjangan akreditasi. Surat bernomor 030/BAN-SM/LL/I/2017 tertanggal 31 Januari 2017 itu ditujukan kepada Ketua Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) se-Indonesia.

Hal ini terkait dengan banyaknya sekolah dan madrasah yang masa berlaku akreditasinya telah habis. Namun belum terakomodasi untuk dilaksanakan proses visitasi dan akreditasi. Sehingga diperlukan upaya untuk melakukan perpanjangan akreditasi. Salah satu dampak dari habisnya masa berlaku akreditasi adalah dianggap tidak terakreditasi dan (konon) tidak dapat menyelenggarakan Ujian Nasional sendiri.

Surat Permohonan Perpanjangan Akreditasi

Oleh karena itu, Ayo Madrasah memberikan contoh Surat Pengajuan Perpanjangan Akreditasi.

Surat tersebut berisikan tentang kebijakan bagi Sekolah dan Madrasah yang masa berlaku akreditasinya telah habis. Kebijakan tersebut diantaranya adalah:

  1. Sekolah/Madrasah yang habis masa berlaku akreditasinya dan sudah mengajukan akreditasi ulang, dapat diberikan surat keterangan perpanjangan akreditasi oleh BAP-S/M. Data Sekolal/Madrasah atau prograrn keahlian yang diperpanjang masa berlakunya dikirimkan ke BAN-S/M sebagai basis data penetapan kuota dan sasaran akreditasi;
  2. Jika dalam masa satu tahun setelah mendapatkan surat keterangan akreditasi sekolah/madrasah atau program keahlian belum dapat diakreditasi ulang, maka sekolah/madrasah atau program keahlian tersebut dapat mengajukan perpanjangan untuk satu tahun berikutnya;
  3. Sekolah/Madrasah yang habis masa berlaku akreditasinya dan tidak mengajukan akreditasi ulang, dinyatakan tidak terakreditasi terhitung sejak masa berlaku akreditasinya berakhir;
  4. Sekolah/Madrasah atau program keahlian SMK yang sudah meluluskan dan belum terakreditasi, segera melakukan pendaftaraan untuk diakreditasi ke UPA-S/M Kab./Kota masing-masing.
Pengajuan perpanjangan akreditasi ditujukan kepada BAP-S/M Provinsi dan diketahui UPA-S/M Kabupaten/Kota yang bersangkutan.

Baca Juga:


Contoh Surat Permohonan Perpanjangan Akreditasi


Berikut ini adalah contoh Surat Permohonan Perpanjangan Akreditasi bagi sekolah/madrasah yang masa berlaku akreditasinya telah habis. Surat ini ditujukan kepada Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) diketahui dan melalui BAP-SM Kab./Kota masing-masing.

Download Surat Permohonan Perpanjangan Akreditasi (format Word) DI SINI.

Sedangkan untuk Surat BAN-S/M No. 030/BAN-SM/LL/I/2017 tentang Perpanjangan Akreditasi dapat diunduh DI SINI

Demikianlah contoh Surat Permohonan Perpanjangan Akreditasi bagi sekolah dan madrasah yang masa berlaku akreditasinya telah habis.

19 Feb 2017

Pedoman PPDB RA dan Madrasah 2017/2018

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah menerbitkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi RA dan Madrasah Tahun Pelajaran 2017/2018. Pedoman ini merupakan lampiran Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor : 361 Tahun 2017 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017 - 2018.

Sesuai dengan Kalender Pendidikan 2016/2017, Tahun Pelajaran 2017/2018 akan dimulai pada 17 Juli 2017. Sebelum permulaan Tahun Pelajaran Baru tersebut tentu sebelumnya diawali dengan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru).

Agar pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru bagi Raudlatul Athfal (RA) dan Madrasah (MI, MTs, MA, dan MAK) dapat berjalan dengan lancar, tentu diperlukan pedoman PPDB. Untuk itu kehadiran buku Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017 – 2018 ini diharapkan menjadi acuan bagi Madrasah dan instansi terkait dalam penyelenggaraan dan pelaporan PPDB.

Pedoman PPDB

Baca juga:



Download Buku Pedoman PPDB 2017/2018


Buku Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017 - 2018 terdiri atas 24 halaman (termasuk sampul).

Pedoman ini sendiri terdiri atas 10 Bab yang meliputi:

  1. Bab I Ketentuan Umum
  2. Bab II Tujuan, Prinsip dan Asas
  3. Bab III Calon Peserta Didik
  4. Bab IV Persyaratan Penerimaan Peserta Didik Baru
  5. Bab V Dasar Seleksi, Perpindah, Tata Cara Pendaftaran, dan Jadwal Pendaftaran dan Seleksi
  6. Bab VI Peningkatan Akses, Pernyataan Tertulis
  7. Bab VII Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama)
  8. Bab VIII Kepanitiaan dan Pembiayaan
  9. Bab IX Monitoring, Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan
  10. Bab X Penutup


Untuk mengunduhnya, klik TAUTAN INI.

Dengan buku Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru tersebut semoga setiap satuan lembaga pendidikan dapat menyelenggarakan PPDB secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminatif. Pun dapat memberikan peluang seluas-luasnya bagi warga masyarakat untuk memperoleh layanan pendidikan di madrasah dengan sebaik-baiknya.

Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah!


17 Feb 2017

Surat Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap 2016/2017

Memasuki semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017, seperti biasa, pemutakhiran data emis (update emis) pun dilakukan. Adalah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, sebagai penyelenggara pendataan EMIS, yang mengeluarkan Surat Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap 2016/2017.

Surat Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap 2016/2017, bernomor 531/DJ.1/Set.1/OT.01.1/02/2017 dan bertanggal 10 Februari 2017 ini menjadi acuan dilaksanakannya pemutakhiran data Emis untuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.

Pemutakhiran Data EMIS

Inti dari Surat Dirjen Pendis Kemenag tersebut antara lain:

  • Pemutakhiran ini berlaku bagi:
    1. RA, MI, MTs, MA, dan Pengawas Madrasah
    2. Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah Takmiliyah, Lembaga Pendidikan Al Qur an (LPQ), Pesantren Penyelenggara Program Wajar Dikdas, Satuan Pendidikan Diniyah Formal dan Satuan Pendidikan Muadalah
    3. Guru PAI pada Sekolah dan Pengawas PAI
    4. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)
    5. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS)
  • Lembaga dan guru sebagai tersebut di atas yang tidak melakukan pemutakhiran data EMIS, tidak akan diakui keberadaannya oleh Kementerian Agama RI.
  • Waktu pelaksanaan pemutakhiran data EMIS semester Genap TP 2016/2017 semenjak dikeluarkan surat pengantar ini dan berakhir pada tanggal 31 Maret 2017
  • Terkait dengan proses pencairan dana BOS Madrasah Triwulan I Tahun 2017, satuan pendidikan diharapkan telah menuntaskan updating data emis pada akhir Februari 2017.
  • Bagi madrasah yang belum menuntaskan verifikasi dan validasi satuan pendidikan (Verval-SP) EMIS, sebelum melakukan updating data emis, diberi kesempatan untuk menyelesaikan Verval-SP selambat-lambatnya tanggal 28 Februari 2017.
Sedangkan untuk Instrumen dan aplikasi pendataan EMIS, serta petunjuk dan  tata cara pemutakhiran data EMIS Semester Genap TP 2016/2017 dapat diunduh di laman EMIS SDM yang beralamat di http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm.

Dapat juga dibaca dan diunduh di blog Ayo Madrasah pada laman-laman berikut ini:


Adapun Surat Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Genap 2016/2017 tersebut selengkapnya dapat diunduh dengan mengklik LINK INI.

11 Feb 2017

Quran Kemenag Aplikasi Android dan IOS Terbaik

Banyak aplikasi Al Quran untuk Android, iOS, maupun web. Quran Kemenag menjadi salah satu dan yang terbaik diantara aplikasi digital Quran lainnya. Qur’an Kemenag merupakan aplikasi Mushaf Al-Qur'an digital yang dibuat oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Balitbang dan Diklat, Kementerian Agama RI. Bagi guru madrasah, aplikasi ini tampaknya wajib ada dalam smartphone.

Selain dikeluarkan oleh lembaga resmi, yakni Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Kemenag, aplikasi Quran Kemenag memiliki berbagai kelebihan dibanding aplikasi serupa lainnya. Aplikasi ini tersedia untuk Android, IOS, maupun PC (web).


aplikasi Quran Kemenag

Baca Juga:



1. Kelebihan Quran Kemenag


Aplikasi Quran Kemenag dirilis langusng oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin pada 30 Agustus 2016, saat berlangsungnya Seminar Internasional Al-Quran. Saat ini telah mengalami beberapa kali update hingga 9 Februari 2017 silam dirilis versi terbarunya, versi 1.3.0.3.

Kelebihan aplikasi Mushaf Al-Qur'an digital buatan Kementerian Agama ini antara lain:

  • Menggunakan Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani
  • Tersedia dalam format Android, Web, dan IOS.
  • Tersedianya menu Download Semua Halaman, sehingga dapat digunakan secara offline
  • Layar aplikasi tidak mati sehingga memudahkan saat membaca (tadarus)
  • Menu pencarian yang mudah berdasarkan kata, halaman, juz, ataupun surah
  • Dilengkapi teks terjemah, teks tafsir, suara murottal, penanda baca terakhir
  • Tafsir terdiri atas dua varian yakni tafsir ringkas dan tahlili
  • Suara murattal oleh Syekh Mahmud Khalil al-Husairy.
  • Bisa melakukan share teks Al-Quran, terjemah, maupun tafsir dengan mudah ke facebook, twitter, whatsapp, email, dan message.
  • Bisa menyalin (copy) ayat Al Quran dengan mudah.

Baca Juga: Quran in Word Kemenag Terbaru Gratis

Tampilan aplikasi Quran Kemenag seperti berikut ini:

  • Halaman menu dengan beberapa fitur pencarian sekaligus berdasarkan kata, halaman, juz, surat, dan tafsir. Halaman menu dapat diakses dengan mengklik tanda garis tiga di pojok kiri atas.

aplikasi Quran Kemenag 01


  • Halaman Al Quran standar standar. Klik pada ayat untuk menampilkan menu copy ayat Quran, memutar MP3 murattal, menandai ayat, berbagi (share) ayat Quran ke facebook, twitter, whatsapp, dll, serta membuka halaman terjemah dan tafsir. Untuk menuju halaman sebelumnya atau sesudahnya cukup menggeser layar ke kanan dan ke kiri. Atau menggeser ke atas dan ke bawah untuk berganti antara halaman standar dan halaman simpel.
aplikasi Quran Kemenag 02

  • Halaman tafsir
aplikasi Quran Kemenag 03

  • Halaman simpel. Untuk menuju halaman sebelumnya atau sesudahnya cukup menggeser layar ke kanan dan ke kiri. Atau menggeser ke atas dan ke bawah untuk berganti antara halaman standar dan halaman simpel.
aplikasi Quran Kemenag 04



2. Download Quran Kemenag


Apliaksi ini tersedia dalam versi web, Android, dan IOS. Untuk mengakses dan mendownload aplikasisi Quran Kemenag kunjungi:

  • Versi web: http://quran.kemenag.go.id/
  • Versi Android :  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.quran.kemenag&hl=in
  • Versi IOS : itunes.apple.com

Demikianlah aplikasi Quran Kemenag yang sudah selayaknya ada dalam setiap smartphone milik guru-guru madrasah. Sehingga sewaktu-waktu dan dimana pun juga, seorang guru madrasah dapat membaca Al Quran dengan mudah dan cepat dengan memanfaatkan aplikasi Quran Kemenag.

10 Feb 2017

Daftar Status Kesalahan Data Emis dan Cara Memperbaikinya

Daftar status kesalahan data emis dan cara memperbaikinya ini menjawab pertanyaan beberapa rekan Operator RA/Madrasah terkait dengan perubahan tahapan dan tata cara entri data emis di semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Perubahan itu kemudian memunculkan daftar RA dan Madrasah yang wajib melakukan perbaikan data sesuai dengan status kesalahan yang muncul.

Operator Emis Kab/Kota akan merilis lembaga mana saja yang memiliki kesalahan. Kesalahan itu antara lain Ruang Kelas, Kelas Pararel dan No. Absen, TMT Awal Guru, Riwayat Pendidikan Guru, PPDB Daftar dan PPDB Terima, Siswa Tahun Lalu, Sarpras, dan Lulusan.

Update data Emis di semester genap tahun pelajaran 2016/2017 ini merupakan kelanjutan dari update data Emis pada semester ganjil yang lalu. Jika pada updating semester ganjil kemarin, operator telah melakukan entri dan upload data yang benar serta tidak mengalami perubahan di semester genap ini, maka operator RA/Madrasah tidak perlu melakukan tahapan update data emis dari awal lagi.

Cukup masuk ke laman Emis online (di laman http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617) dan mengklik tombol konfirmasi. Selesai! Baca : Perubahan dan Tahapan Update Emis Semester Genap 2016/2017

Status Kesalahan Data Emis

Berbeda jika pada semester genap ini RA atau Madrasah tersebut mengalami perubahan data baik data lembaga, data siswa, maupun data siswa. Maka operator RA/Madrasah harus melakukan updating data emis kembali mulai dari tahapan entri form excel emis, dilanjut dengan validasi dengan menggunakan aplikasi desktop emis semester genap, serta kemudian melakukan upload data di laman emis online.

Namun bisa jadi data yang dirasa telah benar saat penginputan, terdeteksi salah oleh sistem. Daftar RA dan Madrasah yang data emisnya salah ini akan muncul di akun Operator Kabupaten/Kota.

Baca Juga:



Daftar Status Kesalahan Data Emis dan Cara Memperbaikinya


Berikut adalah daftar status kesalahan data emis yang muncul di akun admin emis tingkat Kabupaten/Kota. Setelah Operator RA/Madrasah memperoleh pemberitahuan (dari Operator Kab/Kota), maka operator RA/Madrasah dapat melakukan perbaikan data-data yang keliru tersebut.

Daftar status kesalahan data emis dan cara melakukan revisi (perbaikannya) adalah sebagai berikut.

1. RUANG KELAS > CEK ULANG

status kesalahan emis

Untuk memperbaikinya, buka Apliaksi Desktop Emis pada menu "Sarpras" >> submenu "Rincian Ruang Kelas".

  • Isi semua kolom yang tersedia dengan tepat dan akurat (jangan ada kolom yang tidak diisi)
  • Jumlah baris sesuai dengan jumlah ruangan kelas yang ada
  • Satuan panjang dan lebar menggunakan satuan meter
Kemudian masuk ke menu "Rekap Siswa" >> submenu "Rombel Ganjil TP 2016/2017) (Abaikan keterangan ganjil).

status kesalahan emis

  • Jumlah baris akan sesuai dengan isian pada di "Sarpras" >> submenu "Rincian Ruang Kelas"
  • Isikan kolom-kolom berikut:
    • Tingkat kelas : Isikan tingkat kelas (seperti kelas 7, kelas 8, dll)
    • Kurikulum : Isikan dengan kurikulum yang digunakan pada kelas tersebut (seperti KTSP 2006)
    • Nama Ruang Kelas : Isikan nama kelas (seperti kelas 7)
    • Jumlah Siswa (L) dan (P): isikan dengan jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin, cocokkan dengan data detil siswa
    • Nama Wali Kelas: Isikan nama guru yang menjabat sebagai wali kelas, sesuaikan dengan data detil guru


2. KELAS PARAREL/NO ABSEN > CEK ULANG

Untuk memperbaiki kode kesalahan Kelas Pararel / No. Absen, buka Form Excel Emis Siswa. Perhatikan pada kolom "Kelas Pararel" dan "Nomor Absen di Kelas".

status kesalahan emis 02


  • Kelas Pararel harus diisi dengan ketentuan:
    • Jika hanya terdiri atas satu rombel (tidak pararel) diisi dengan angka "01"
    • Jika terdiri atas lebih dari satu rombel (pararel) diisi dengan angka "01", "02", "03", sebanyak pararel yang dimiliki.
  • Nomor Absen di Kelas diisi dengan nomor absen siswa tersebut dalam satu rombel dengan format 1, 2, 3, dst. Penulisannya adalah per-rombel dan bukan per-tingkat kelas.

3. TMT AWAL GURU > CEK ULANG

status kesalahan emis 03

Untuk memperbaiki kesalahan TMT Awal Guru, buka Form Excel Emis Personal. Perhatikan kolom "Tanggal Lahir (dd/mm/yyyy)" dan "TMT SK Awal". Usia diangkat sebagai guru tidak boleh kurang dari 16 tahun.

4. RIWAYAT PENDIDIKAN GURU > CEK ULANG

status kesalahan emis 04

Untuk memperbaiki status kesalahan Riwayat Pendidikan Guru, buka Form Excel Emis Personal. Perhatikan kolom-kolom terkait Riwayat Pendidikan PTK, di banyak kasus, kolom Jenjang S1/D4 tidak terisi dengan baik.

5. PPDB DAFTAR dan PPDB TERIMA > CEK ULANG

Untuk memperbaiki status kesalahan emis PPDB Daftar dan PPDB Terima, buka Aplikasi Desktop Emis.

status kesalahan emis 05

  • Buka menu "Rekap Siswa" >> Submenu "Ringkasan PPDB"
  • Isikan form tersbut dengan lengkap dan Akurat
  • Daya Tampung tidak boleh melebihi daftar siswa yang diterima
  • Jumlah siswa diterima tidak boleh melebihi jumlah siswa pendaftar
  • Jumlah siswa diterima harus sesuai dengan data detil siswa (siswa baru). Jumlah siswa detil (siswa baru) tidak boleh lebih besar dari ringkasan data yang diisikan pada form ini
Selain itu

status kesalahan emis 0501

  • Buka menu "Rekap Siswa" >> Submenu "Pendaftar TP 2016/2017"
  • Isikan sebaran jumlah siswa pendaftar dan diterima sesuai dengan kategori asal siswa
  • Jumlah siswa pendaftar dan di terima harus sesuai dengan jumlah pendaftar dan diterima dari sub menu "Ringkasan PPDB"
  • Cek dengan data detil siswa (jumlah siswa di detil siswa (siswa baru) tidak boleh lebih besar dari ringkasan data yang diisikan pada form ini)

6. SISWA TAHUN LALU > CEK ULANG

status kesalahan emis 06

Untuk memperbaiki kode kesalahan Siswa Tahun Lalu, buka Aplikasi Desktop Emis.
  • Buka menu "Rekap Siswa" >> submenu "Siswa dan Rombel TP 2015/2016"
  • Isi semua kolom yang tersedia dengan akurat (termasuk data DO, pindah masuk, pindah keluar)
  • Cek Siswa Naik kelas dan sesuaikan dengan data siswa di Form Excel Siswa. 
  • Jumlah siswa detil di kelas saat ini (semisal kelas 2) yang berasal dari kelas sebelumnya (kelas 1) tidak boleh lebih besar dari jumlah siswa naik kelas pada form ini.

7. SARPRAS > CEK ULANG

status kesalahan emis 07

Untuk memperbaiki status kesalahan Sarpras, buka Aplikasi Desktop Emis.
  • Buka menu "Sarpras"
  • Isi semua form di semua submenu dengan lengkap dan akurat
  • Jika tidak memiliki unit yang ditanyakan, isikan dengan angka "0"
  • Jika memiliki unit yang ditanyakan, isi dengan angka sesuai jumlah unit yang dimiliki (contoh 1, 2, 3, dst)

8. LULUSAN . CEK ULANG

Untuk memperbaiki status kesalahan Lulusan, buka Form Excel Emis Lulusan. Pastikan semua kolom telah terisi dengan lengkap dan akurat. Tidak boleh ada kolom tidak diisi atau salah format. Cek hasil isian pada sheet 'Validasi Data'

Itulah daftar status kesalahan data emis beserta cara memperbaiki kesalahannya. Untuk mengetahui kesalahan masing-masing lembaga, silakan menghubungi Operator Kabupaten/Kota. Jika tidak termasuk dalam daftar lembaga yang memiliki kesalahan? Berarti selamat!


9 Feb 2017

Perubahan dan Tahapan Update Emis Semester Genap 2016/2017

Ada yang berubah dengan tahapan update data emis di semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017 ini dibanding semester sebelumnya. Nantinya akan ada lembaga yang harus melakukan update data emis secara tahap pertahap (seperti update emis biasanya), namun ada juga lembaga yang boleh hanya melakukan tahapan terakhir saja, yakni mengklik tombol konfirmasi di laman emis online.

Sebagaimana diketahui, update emis pada periode sebelumnya terdiri atas tiga tahapan. Tahapan itu yaitu:

  1. Entri offline melalui Form Excel Emis 
  2. Validasi dan Backup dengan Aplikasi Destop Emis 
  3. Upload Emis dan Konfirmasi data secara online

1. Konsep Update Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017


Update data Emis di semester genap tahun pelajaran 2016/2017 ini merupakan kelanjutan dari update data Emis pada semester ganjil yang lalu. Artinya, pusat data emis menggunakan kembali data hasil entri emis semester kemarin.

Data hasil semester ganjil tersebut dimunculkan kembali di laman upload emis online (http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617). Sehingga bagi lembaga yang pada semester ganjil kemarin telah mengupdate data dengan benar (tidak ada yang keliru) dan tidak mengalami perubahan data, maka operator RA/Madrasah tersebut cukup mengklik ulang tombol 'konfirmasi' di laman emispendis.kemenag.go.id/emis1617.

Intinya akan ada dua kelompok lembaga dengan status yang berbeda. Keduanya adalah:

  1. Lembaga yang boleh langsung melakukan konfirmasi di emis online
  2. Lembaga yang harus melakukan update data mulai dari awal, yakni mulai tahap pertama (entri Form Excel Emis), dilanjut tahap kedua, hingga tahap ketiga (Upload dan Konfirmasi Emis)


Tahapan Update Emis

Baca Juga:


2. Operator Kabupaten/Kota Akan Merilis Daftar Kesalahan


Pada akun operator emis di tingkat Kabupaten/Kota akan muncul daftar RA dan Madrasah yang telah melakukan updating data emis di semester ganjil kemarin, lengkap dengan kesalahan-kesalahan yang dideteksi oleh sistem.

Berbekal daftar tersebut, Operator Kabupaten/Kota akan memerintahkan Operator Emis lembaga yang bersangkutan untuk memperbaiki kesalahannya.

3. Lembaga yang Boleh Langsung Konfirmasi

Lembaga yang boleh langsung konfirmasi ini maksudnya adalah operator lembaga tersebut boleh untuk tidak melakukan tahapan-tahapan update emis sebelumnya. Tidak perlu melakukan entri data di Form Excel Emis, tidak perlu melakukan validasi (backup) dengan Aplikasi Desktop Emis, bahkan tidak perlu melakukan upload hasil backup emis.

Operator cukup login di laman emispendis.kemenag.go.id/emis1617 kemudian mengklik tombol "Konfirmasi". Ya, hanya mengklik tombol konfirmasi dan selesai.

RA dan Madrasah yang boleh seperti itu adalah lembaga yang memenuhi kedua kriteria berikut ini:
  1. Data semester genap sama dengan semester ganjil, alias tidak ada perubahan
  2. Tidak termasuk dalam daftar RA/Madrasah yang data emisnya terdeteksi salah oleh sistem (sebagaimana daftar yang dirilis oleh Operator Kab/Kota).

4. Lembaga yang Harus Update Emis dari Awal


Kondisi berbeda harus dijalani oleh lembaga dengan kriteria berikut ini:

  1. Data semester genap mengalami perubahan. Baik perubahan data lembaga, data siswa, data lulusan, maupun data personal.
  2. Termasuk dalam daftar RA/Madrasah yang data emisnya terdeteksi salah oleh sistem (sebagaimana daftar yang dirilis oleh Operator Kab/Kota)
Lembaga ini harus melakukan update data emis seperti biasa yaitu melewati tahapan-tahapan sebagai berikut: 

  1. Entri offline melalui Form Excel Emis 
  2. Validasi dan Backup dengan Aplikasi Destop Emis 
  3. Upload Emis dan Konfirmasi data secara online

5. Upload Hanya Data yang Salah


Bagi lembaga yang harus melakukan update data emis dari tahap awal (entri form excel), saat melakukan upload file hasil validasi (backup) tidak harus mengupload seluruh hasil backup. Cukup pada bagian yang salah atau berubah saja.

Semisal sebuah lembaga mengalami perubahan data siswa sedangkan data lainnya (data lembaga, data personal, dan data lulusan) tidak berubah dan tidak salah, maka yang diupload cukup file backup siswa saja.

Demikian perubahan-perubahan dan tahapan yang harus dilalui pada update emis periode semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017 ini.


Download Form Excel Emis Semester Genap 2016/2016 RA MI MTs MA

Form Excel Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2016 dapat menggunakan file Excel Emis semester sebelumnya. Namun bagi operator RA/Madrasah yang ragu untuk menggunakan form excel tersebut atau ingin menggunakan yang baru, dapat mendownloadnya di situs EMIS SDM. Tim pusat emis mengupload ulang Form Excel Emis 2016/2017 untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA, serta Pengawas Madrasah.

Jika menggunakan file excel emis semester sebelumnya, sebenarnya pekerjaan operator jauh lebih efisies dan cepat. Karena dalam form excel emis tersebut, yang tentunya telah terisi, operator madrasah cukup melakukan pembehanan dan perbaikan data-data yang keliru atau kurang. Sehingga tidak perlu melakukan input dari awal lagi.

Seperti periode sebelumnya, setelah form excel emis terisi dengan benar, barulah dilakukan validasi data emis dengan menggunakan Aplikasi Desktop Emis Semester Genap 2016/2017. Nantinya dilanjutkan dengan mengupload file hasil validasi ke situs emis online.

Form Excel Emis

1. Download Form Excel Emis Semester Genap 2016/2016


Namun jika ingin menggunakan form excel emis yang lebih fress, operator RA dan Madrasah dapat mengunduhnya di halaman Emis SDM pada menu Rupa-Rupa.

Caranya:

  1. Kunjungi laman Emis SDM di alamat: http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/
  2. Login dengan menggunakan email dan password sebagaimana yang telah didaftarkan
  3. Setelah masuk ke laman Emis Pendis, klik menu "Rupa-rupa" di bagian sebelah kiri.
  4. Klik submenu "Unduh Aplikasi/Dokumen".
  5. Di bagian tengah akan muncul daftar file. Pilih dan klik tulisan "Formulir Pendataan xxx TP 2016/2017", dimana "xxx" adalah jenjang madrasah seperti RA, MI, MTs, atau MA.
  6. Download, simpan lalu ekstrak file Formulir Pendataan Emis tersebut.
  7. Form Excel Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2016 dapat dipergunakan untuk input data emis.
Jika tidak berhasil login ke situs EMIS SDM, silakan ikuti tahapan dan tata cara sebagaimana diterangkan di artikel: Lupa Password Login EMIS Online

2. Mirror Download Form Excel Emis Semester Genap 2016/2016


Bagi yang kesulitan masuk atau mendownload ke laman emis SDM, dapat mengunduhnya di mirror download yang Ayo Madrasah sediakan.

File excel emis atau Form Data Emis tersedia untuk jenjang Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), maupun Madrasah Aliyah (MA).

Klik link berikut untuk mendownload Form Data EMIS Semester Genap 2016/2017:

  • Formulir Pendataan RA Semester Genap 2016/2017; DOWNLOAD (Versi: 08/02/2017)
  • Formulir Pendataan MI Semester Genap 2016/2017; DOWNLOAD (Versi: 08/02/2017)
  • Formulir Pendataan MTs Semester Genap 2016/2017; DOWNLOAD (Versi: 08/02/2017)
  • Formulir Pendataan MA Semester Genap 2016/2017; DOWNLOAD (Versi: 08/02/2017)
  • Formulir Pendataan Pengawas Madrasah Semester Genap TP 2016/2017; DOWNLOAD (Versi: 08/02/2017)

3. Pakai Form Emis yang Lama atau Baru?


Tidak usah menanyakan apakah harus menggunakan form excel emis yang lama (semester ganjil) atau menggunakan form excel emis semester genap 2016/2017. Karena jawabnya, tentu lebih baik menggunakan form yang terbaru.

7 Feb 2017

Download Aplikasi Desktop Emis Semester Genap 2016-2017

Aplikasi Desktop Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 ternyata sudah dirilis dan dapat di download, meskipun semester genap baru berjalan satu bulan. Tentunya ini akan membuat proses updating emis RA dan Madrasah di lingkungan Kemenag menjadi lebih cepat. Karena tersedianya Aplikasi Desktop Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 di awal semester tentu akan mempercepat tahapan pengelolaan emis.

Tahapan pengelolaan emis di Semester Genap tahun pelajaran 2016/2017 ini memang agak berbeda dengan tahapan emis di semester sebelumnya. Pada semester ganjil yang lalu, Tim Emis Pusat terlebih dahulu merilis form excel emis. Setelah Operator Madrasah mengunduh dan mengisinya, baru Tim Pusat Emis merilis aplikasi desktop emis yang digunakan untuk memvalidasi emis sebelum akhirnya diupload secara online.

Pada semester genap ini, Form Excel Emis yang digunakan sama persis dengan form excel emis sebelumnya. Sehingga Operator RA dan Madrasah tidak perlu mengisi kembali form excel emis tersebut dari awal. Cukup melakukan editing atau perubahan jika dirasa perlu.

Emis Desktop Semester Genap 2016 2017

Artinya, Form Excel Emis Semester Ganjil kemarin dapat digunakan kembali. Jika terdapat data yang berubah atau salah, silakan melakukan perubahan (editing). Namun jika data tetap (tanpa perubahan) maka bisa langsung melakukan validasi dengan menggunakan Aplikasi Desktop Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 yang telah disediakan.

Hal ini tentu akan semakin mempermudah dan meringankan pekerjaan operator emis di tingkat madrasah.

Baca Juga: Download Form Excel Emis Semester Genap 2016/2016 untuk RA, MI, MTs, MA, dan Pengawas Madrasah

1. Download Aplikasi Desktop Emis Semester Genap 2016/2017


Seperti pada periode sebelumnya, Aplikasi Desktop Emis Semester Genap 2016/2017 dapat didownload di situs EMIS SDM. Untuk mengunduhnya, caranya adalah:

  1. Buka situs EMIS SDM yang beralamat di: http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/
  2. Login dengan menggunakan Nama Pengguna (email) dan password akun operator emis sebagaimana semester sebelumnya.
  3. Setelah berhasil login, klik menu "Rupa-rupa" yang terdapat di bagian sebelah kiri.
  4. Klik submenu "Unduh Aplikasi/Dokumen".
  5. Di bagian tengah akan muncul daftar file. Pilih dan klik "Aplikasi Desktop Pendataan Tingkat xxx Semester Genap TP 2016/2017 (xxx adalah jenjang madrasah seperti RA, MI, MTs, atau MA).
  6. Download dan simpan Aplikasi Desktop Pendataan EMIS tersebut.
Jika tidak berhasil login ke situs EMIS SDM, silakan ikuti tahapan dan tata cara sebagaimana diterangkan di artikel: Jika Lupa Password Login EMIS Online

2. Mirror Download Aplikasi Desktop EMIS Semester Genap 2016/2017



Untuk memudahkan Operator RA dan Madrasah, Ayo Madrasah telah membuat mirror download Aplikasi Desktop EMIS Semester Genap 2016-2017. Sehingga jika server EMIS SDM mengalami 'down' alias sulit diakses, rekan-rekan operator masih dapat mengunduhnya melalui link yang kami sediakan.
  • Aplikasi Desktop EMIS Semester Ganjil 2016/2017 RA; DOWNLOAD (Versi 2017-02-07)
  • Aplikasi Desktop EMIS Semester Ganjil 2016/2017 MI; DOWNLOAD (Versi 2017-02-07)
  • Aplikasi Desktop EMIS Semester Ganjil 2016/2017 MTs; DOWNLOAD (Versi 2017-02-07)
  • Aplikasi Desktop EMIS Semester Ganjil 2016/2017 MA; DOWNLOAD (Versi 2017-02-07)
Silakan para operator RA dan Madrasah untuk segera download Aplikasi Desktop Emis Semester Genap 2016/2017. Baik melalui situs Emis SDM atau melalui mirror download yang kami sediakan.