2 Okt 2017

Logo dan Tema Hari Santri Nasional 2017

Menyambut Hari Santri Nasional Tahun 2017, Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI NU: Asosiasi Pondok Pesantren se-Indonesia) telah meluncurkan tema dan logo Hari Santri Nasional 2017. Tema dan logo ini akan dipergunakan dalam peringatan Hari Santri yang puncaknya pada tanggal 22 Oktober 2017.

Madrasah, siswa, dan guru memang identik dengan dunia santri. Karena madrasah sebagai lembaga pendidikan khas Islam sekaligus tertua di Indonesia, telah menjadi tempat hidup dan berkembangnya santri. Sehingga tidak mengherankan jika kemudian madrasah ikut serta memeriahkan peringatan Hari Santri 2017 dengan memasang logo Hari Santri 2017.

Presiden RI, Joko Widodo, melalui Kepres Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagari Hari Santri Nasional. Pemilih tanggal tersebut didasarkan pada fakta sejarah di mana Kiai Hasyim Asy'ari (berdasarkan musyawarah ratusan kiai) mengumumkan fatwanya yang kemudian dikenal sebagai Resolusi Jihad. Resolusi Jihad ini memuat seruan bahwa setiap Muslim wajib memerangi penjajah. Para pejuang yang gugur dalam peperangan melawan penjajah pun dianggap mati syahid. Resolusi Jihad ini pula yang kemudian memicu terjadinya peristiwa 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian juga diperingati sebagai Hari Pahlawan.

1. Tema Hari Santri 2017


Tema yang ditetapkan dalam peringatan Hari Santri Nasional tahun 2017 adalah 'Santri Mandiri, NKRI Hebat'. Dalam tema tersebut mengandung makna bahwa santri adalah kelompok yang mandiri sejak dari masa menempuh pendidikan di pesantren hingga ketika terjun di masyarakat. Santri selalu hidup mandiri tanpa mengeluh atau pun menuntut, serta tidak menyebar kebencian kepada negara.

Selain itu, 'Santri Mandiri, NKRI Hebat' kembali menegaskan kembali kebulatan tekad akan NKRI sebagai bentuk final negara Indonesia. Santri tidak mendukung penuh Pancasila, nasionalisme, serta menolak berbagai bentuk radikalisme atas nama agama maupun ideologi khilafah anti Pancasila.

Baca Juga:



2. Logo Hari Santri 2017


Logo Hari Santri Nasional Tahun 2017 memuat sepasang santri putera dan putri yang memegang pita bendera merah putih. Dengan tagline tema Hari Santri 2017, 'Santri Mandiri NKRI Hebat' serta hastag #harisantri2017.

Gambarnya logo tersebut adalah sebagai berikut.


Di samping logo tersebut, juga tersedia logo Hari Santri 2017 dalam bentuk bulat sebagai mana berikut ini.


Bagi yang membutuhkan gambar dengan resolusi besar dan yang dapat diedit dengan pengolah gambar seperti photoshop maupun corel draw, silakan download logonya di link berikut ini.

  • Logo Hari Santri Nasional 2017 dengan Hastag, Download
  • Logo Hari Santri Nasional 2017 Bulat, Download
  • Logo Hari Santri - Resolusi Jihad NU, Download
Untuk menggunakan logo tersebut dalam program pengolah gambar layaknya photoshop maupun corel draw, cukup dengan melakukan klik kanan dan pilihlah menu open with.


Demikianlah tema dan logo Hari Santri Nasional Tahun 2017. Semoga logo-logo tersebut dapat lebih memeriahkan peringatan Hari Santri 2017 sehingga makna dan semangat peringatan ini dapat menginspirasi setiap warga negara Indonesia, tidak sekedar bagi santri saja.

Add Comments


EmoticonEmoticon